Konfigurasi Elektron

Konfigurasi Elektron

Teori atom Bohr menyatakan bahwa elektron-elektron beredar mengelilingi inti atom pada orbit-orbit tertentu. Orbit atau lintasan ini selanjutnya disebut sebagai kulit. Nah yang dimaksud konfigurasi elektron adalah susunan pengisian elektron pada masing-masing kulit atom. Bagaimana elektron-elektron ini menempati tiap-tiap kulit? apakah harus antri dulu atau ada aturannya? 

  • Menurut Aturan Aufbau, pengisian elektron dimulai tingkat energi terendah ke tingkat energi yang lebih tinggi.
  • Menurut Pauli jumlah maksimum elektron yang dapat menempati tiap-tiap kulit dirumuskan sebagai 2n2 , dimana n merupakan nomor kulit. Kulit pertama dinamakan kulit K, kulit kedua kulit L dan seterusnya seperti pada tabel berikut:

Kulit K mempunyai energi terendah dan kulit yang lebih tinggi memiliki energi yang lebih tinggi pula. Jadi semakin jauh letak kulit dari inti atomnya, semakin tinggi energinya. 


Elektron Valensi

Setiap elektron dalam atom menempati kulit tertentu, jumlah elektron yang terletak di kulit terluar disebut elektron valensi. Untuk menentukan elektron valensi terlebih dahulu kita menyusun konfigurasi elektron atom tersebut. Jumlah elektron valensi suatu unsur diperlukan untuk menentukan golongan, dengan penentuan golongan sehingga kita dapat mengetahui sifat-sifat unsur. Elektron valensi juga sangat berguna dalam penentuan ikatan kimia. Berikut contoh konfigurasi elektron dan elektron valensi dari beberapa unsur dan cobalah untuk melanjutkan yang belum terisi:


 

Belum ada Komentar untuk "Konfigurasi Elektron"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel