Entalpi dan Perubahan Entalpi

Setiap zat mempunyai energi yang tersimpan didalamnya, yaitu energi kinetik dan energi potensial. Energi kinetik adalah energi yang berkaitan dengan gerak, sedangkan energi lain yang berhubungan berkaitan dengan wujud zat, volume dan tekanan disebut energi potensial. Jumlah energi dari semua bentuk energi yang dimiliki oleh molekul atau partikel disebut energi dalam. 

Energi dalam suatu zat dapat berubah apabila zat itu melakukan atau menerima kerja. Jadi jika zat/sistem melakukan kerja  maka energi dalamnya akan berkurang, sebaliknya jika sistem menerima kerja maka energi dalamnya akan bertambah. Jumlah energi dalam dan kerja yang dimiliki oleh suatu zat disebut Entalpi dinyatakan dengan lambang H (Heat content). Harga entalpi suatu zat tidak dapat ditentukan, yang dapat ditentukan adalah perubahan entalpi (ΔH). Perubahan entalpi adalah selisih entalpi akhir (produk) dengan entalpi awal (pereaksi).  Untuk reaksi  R   →   P , ΔH = Hp - HR   , dengan HR = entalpi pereaksi, HP = entalpi produk, oleh karena reaksi kimia berlangsung pada tekanan yang tetap, maka kalor reaksi selalu dituliskan sebagai perubahan entalpi. 


  • Reaksi Eksoterm 

Jika reaksi membebaskan energi maka akan melepaskan panas ke lingkungan. Setiap perubahan yang melepaskan energi ke lingkungan disebut reaksi eksoterm, jika terjadi reaksi ini maka temperatur campuran reaksi akan naik dan energi potensial bahan kimia yang terlibat akan berkurang/entalpi sesudah reaksi lebih kecil sehingga  ΔH = negatif (-), contoh masukan batu kapur (CaO)  dalam air, maka air menjadi panas.                                                                                          



  • Reaksi Endoterm 

Jika reaksi membutuhkan  energi maka sistem akan menyerap panas dari lingkungan. Setiap perubahan yang menyerap energi dari lingkungan disebut reaksi endoterm, jika terjadi reaksi ini maka temperature campuran reaksi akan turun dan energi potensial bahan kimia yang terlibat akan bertambah/entalpi  sesudah reaksi lebih besar sehingga  ΔH = (+)   positif, contoh masukkan kristal Ba(OH)2  dan NH4Cl ke dalam tabung reaksi kemudian tambahkan air, maka dasar tabung reaksi terasa dingin. 




Belum ada Komentar untuk "Entalpi dan Perubahan Entalpi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel