Jenis Perubahan Entalpi




Jenis perubahan entalpi tergantung dari jenis reaksi yang terjadi, sedangkan besarnya harga perubahan entalpi dari suatu reaksi bergantung pada banyaknya zat yang bereaksi. Perubahan entalpi juga dipengaruhi oleh suhu dan tekanan, semakin tinggi suhu suatu reaksi semakin besar perubahan entalpinya. Perubahan Entalpi Standar (ΔHo) adalah perubahan entalpi pada keadaan standar (temperature 25oC/298K dan tekanan 1 atm). Beberapa jenis perubahan entalpi  sebagai berikut :

1) Perubahan Entalpi Pembentukkan Standar (ΔHfo

Perubahan Entalpi Pembentukkan Standar adalah perubahan entalpi pada proses pembentukkan  1 mol zat/senyawa dari unsur-unsurnya pada keadaan standar.  Pada reaksi pembentukkan bisa berlangsung secara eksoterm atau endoterm.

Contoh :   Na(s) + 1/2Cl2(g) --> NaCl(s)     ΔHfo = -413 kJ

                  2C(s)  +  H2(g)   -->  C2H2(g)        ΔHfo = +226,7 kJ

2) Perubahan Entalpi Penguraian Standar (ΔHdo

Perubahan Entalpi Penguraian Standar adalah perubahan entalpi pada proses penguraian  1 mol zat/senyawa menjadi  unsur-unsurnya pada keadaan standar. Besarnya perubahan entalpi peruraian sama dengan entalpi pembentukkan, hanya tandanya berlawanan.  Contoh :    NaCl(s)   -->  Na(s) + 1/2Cl2(g)   ΔHdo = +413 kJ

3) Perubahan Entalpi Pembakaran Standar (ΔHco

Perubahan Entalpi Pembakaran Standar adalah perubahan entalpi per mol suatu zat (unsur/senyawa) ketika terbakar sempurna dengan oksigen pada keadaan standar. Reaksi pembakaran hanya berlangsung secara eksoterm.

Contoh :  CH4(g)  +  2O2(g)   -->  CO2(g)  +  2H2O(g)      ΔHco  = -891 kJ

4) Perubahan Entalpi Penetralan Standar (ΔHno)

Perubahan Entalpi Penetralan Standar adalah perubahan entalpi per mol ketika suatu asam dan basa bereaksi membentuk air pada keadaan standar.  

Contoh :  H+(aq)  +  OH-(aq)   -->  H2O(l)      ΔHno  = -57,3 kJ

               2NaOH(aq)  +  H2SO4(aq) -->  Na2SO4(aq)  +  2H2O(l)     ΔH reaksi = -200 kJ

                     ΔHno  NaOH = -200 kJ / 2 mol = -100 kJ/mol

5) Perubahan entalpi pelarutan standar (ΔHlo

Perubahan entalpi pelarutan standar adalah perubahan entalpi apabila 1 mol senyawa diubah menjadi larutannya pada keadaan standar. 

Contoh :  ΔH°pelarutan NaOH,     NaOH(s)   -->   NaOH(aq)             ΔHlo = +50 kJ

Perubahan entalpi yang lainnya disesuaikan dengan jenis reaksinya misalnya ∆H pembekuan (cair ke padat), ∆H sublimasi (padat ke gas), ∆H dissosiasi (pemutusan ikatan) dan lain-lain.

Belum ada Komentar untuk "Jenis Perubahan Entalpi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel