Pendapat Ilmuwan Kuno tentang Partikel Materi

Pemikiran manusia tentang alam semesta dan semua materi yang ada di dalamnya telah dimulai sejak zaman dahulu. Pada masa Yunani Kuno, para ahli berdebat dan memikirkan tentang struktur materi. Pemikiran mereka tentang pembagian suatu benda/ bagian terkecil dari suatu benda. Menurut mereka ada  yang menjadi bagian terkecil, bagian terkecil dari materi disebut partikel. Ada beberapa pendapat tentang partikel materi :

  • Menurut Ahli Filsafat Yunani Leucippus bahwa materi tersusun dari butiran-butiran kecil. Pendapat ini dikembangkan oleh  Democritus (muridnya).
Leucippus 



  • Menurut Democritus(460-370SM) , pembagian materi bersifat diskontinyu (jika suatu materi dibagi dan terus dibagi maka akhirnya diperoleh partikel terkecil yang sudah tidak dapat dibagi lagi  disebut Atom ).Nama “atom” berasal dari bahasa Yunani yaitu “atomos” artinya tidak dapat dibagi lagi.



  • Menurut Abu Musa Jabir Ibnu Hayyan dari Persia mengemukakan bahwa materi tersusun dari partikel-partikel zarrah yang bersifat la tajazza’u (”tidak terbagi”).


  • Menurut Plato dan Aristoteles, pembagian materi bersifat kontinyu ( pembagian dapat berlanjut tanpa batas/terus menerus dapat dibelah).

Perbedaan pendapat ini terus berkembang hingga muncul teori atom Dalton yang mulai berpijak pada penemuan secara eksperimen.Jadi konsep atom yang lebih modern muncul pada permulaan abad ke-19,  dimana saat itu ilmu kimia mulai berkembang. Para ilmuwan mulai menggunakan teknik menimbang untuk mendapatkan pengukuran yang lebih tepat dan menggunakan ilmu fisika untuk mendukung perkembangan teori atom.


Belum ada Komentar untuk "Pendapat Ilmuwan Kuno tentang Partikel Materi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel