Model Atom Dalton

John Dalton adalah seorang guru dan ahli kimia berkebangsaan Inggris, berpendapat bahwa konsep atom Democritus benar karena tidak bertentangan dengan hukum kekekalan massa dan hukum perbandingan tetap. 


Pada tahun 1803, John Dalton mengemukakan pendapatnya tentang atom. Teori atom Dalton didasarkan pada dua hukum, yaitu hukum kekekalan massa (hukum Lavoisier) dan hukum susunan tetap (hukum prouts). Lavosier mennyatakan bahwa “Massa total zat-zat sebelum reaksi akan selalu sama dengan massa total zat-zat hasil reaksi”. Sedangkan Prouts menyatakan bahwa “Perbandingan massa unsur-unsur dalam suatu senyawa selalu tetap”. Dari kedua hukum tersebut Dalton mengemukakan pendapatnya tentang atom sebagai berikut:

  1. Setiap materi terdiri atas partikel yang disebut atom
  2. Unsur adalah materi yang terdiri atas sejenis atom
  3. Atom suatu unsur adalah identik tetapi berbeda dengan atom unsur lain (mempunyai massa yang berbeda )
  4. Senyawa adalah materi yang terdiri atas 2 atau lebih jenis atom dengan perbandingan tertentu (bilangan bulat dan sederhana)
  5. Atom tidak dapat diciptakan atau dimusnahkan dan tidak dapat diubah menjadi atom lain melalui reaksi kimia biasa. Reaksi kimia hanyalah penataan ulang (reorganisasi) atom-atom yang terlibat dalam reaksi tersebut


Model Atom Dalton 
Hipotesa Dalton digambarkan dengan model atom sebagai bola pejal seperti bola yang digunakan untuk tolak peluru, seperti gambar di samping ini




Kelebihan Model Atom Dalton 

Mulai membangkitkan minat terhadap penelitian mengenai model atom


Kelemahan Model Atom Dalton:

  1. Tidak dapat menjelaskan perbedaan antara atom unsur yang satu dengan unsur yang lain
  2. Tidak dapat menjelaskan sifat listrik dari materi
  3. Tidak dapat menjelaskan cara atom-atom saling berikatan
  4. Menurut teori atom Dalton nomor 5, tidak ada atom yang berubah akibat reaksi kimia. Kini ternyata dengan reaksi kimia nuklir, suatu atom dapat berubah menjadi atom lain.

Kelemahan–kelemahan tersebut dapat dijelaskan setelah ditemukan beberapa partikel penyusun atom, seperti elektron ditemukan oleh Joseph John Thomson tahun 1898, penemuan partikel proton oleh Goldstein tahun 1886.


Belum ada Komentar untuk "Model Atom Dalton"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel